Menu

Mode Gelap

Bisnis · 10 Jan 2023 05:53 WIB ·

Aplikasi Inisa Punya Fitur Penting untuk Masyarakat NTT, Cek Yuk


 Aplikasi Inisa Punya Fitur Penting untuk Masyarakat NTT, Cek Yuk Perbesar

Ayonusantara.com – Aplikasi Inisa merupakan sebuah sistem Wildlife Komodo yang dimiliki oleh PT FLOBAMOR, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sejak diluncurkan pada bulan Juli tahun 2021, aplikasi Inisa semakin banyak dikenal masyarakat. Aplikasi Inisa ternyata bukan hanya menyajikan sistem pembelian member kontrubusi konservasi. Tetapi aplikasi ini menyediakan banyak fitur lainnya yang memberikan kemudahan bagi wisatawan dan masyarakat NTT umumnya.

Pada aplikasi Inisa ini setidaknya memiliki 6 fitur tambahan yang memang memiliki koneksi langsung dengab kebutuhan warga masyarakat. Misalnya fitur layanan Sentra Tagihan, Sentra Wisata, Pembayaran Digit, Pembayaran Pajak dan Peduli Lindungi.

Dalam sentra tagihan bisa melakukan transaksi pembelian pulsa dan bayar berbagai macam tagihan lainnya.

Di sentra wisata ditawarkan transaksi pembelian tiket wisata, akomodasi dan aktivitas menarik lainnya.

“Transaksi keuangan diera modernisasi saat ini tak lagi menggunakan uang cash, karena itu aplikasi INISA menawarkan transaksi digital dengan metode QRIS dan metode pembayaran digital lainnya,” kata Direktur Operasional PT FLOBAMOR, Abner Esau Runpah Ataupah, Senin (09/01/2023).

Direktur Operasional PT Flobamor, Abner Esau Runpah Ataupah menjelaskan selain fitur layanan di atas, aplikasi INISA saat ini memberikan sistem keamanan yang tinggi.

“Data pengguna terenkripsi dan dilindungi oleh sistem keamanan tertinggi,” katanya.

Aplikasi INISA saat ini dapat diunduh di Play Store dan App Store dilengkapi dengan berbagai layanan publik lainnya.

“Diantaranya, sentra kependudukan, sentra wisata, sampai dengan Bantuan sosial. Masyarakat bisa membayar pajak PBB, tagihan listrik, BPJS Kesehatan, membeli produk dari UMKM lokal sebagai oleh-oleh, sampai dengan melakukan pembelian kebutuhan wisata seperti tiket kapal, tiket pesawat, booking hotel, rental mobil, dan pembelian Sistem Kontribusi Wildlife Komodo beserta penggunaan manfaat-manfaat programnya,” terang Runpah.

Dikatakan Runpah, penggunaan aplikasi tersebut sudah sesuai dengan rekomendasi dan perhitungan yang diperoleh dari hasil kajian Daya Dukung Daya Tampung Berbasis Jasa Ekosistem (DDDTJE) oleh Tim Ahli.

Karena itu, kunjungan wisatawan ke kawasan konservasi akan dikenakan biaya kontribusi sebesar Rp15.000.000 per 4 orang per tahu

Sistem Wildlife Komodo dibuat guna mengatur tata kelola kunjungan dan aktivitas para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo, Pulau Padar dan kawasan perairan di kawasan Taman Nasional Komodo

Wildlife Komodo di aplikasi INISA kini dapat diakses dan dipakai wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Komod

“Sebelum berkunjung, wisatawan harus mendaftar dan melakukan reservasi digital lewat aplikasi INISA yang bisa diunduh di Play Store (Android) dan App Store (IOS),” katanya.

 

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Wartawan

Baca Lainnya

Klarifikasi Ketua FOKAL Labuan Bajo Soal Besaran Uang Pangkal dan Dasar Hukum Pendirian

31 Mei 2024 - 13:24 WIB

Hotel Loccal Colection Promosikan Pariwisata Labuan Bajo Pada Ajang WTM di London

10 November 2023 - 04:08 WIB

Aksi Bersih Pantai dan Tur Edukasi Pengelolaan Sampah di Labuan Bajo

23 September 2023 - 08:13 WIB

BTNK Harap Flobamor Komit Tingkatkan Pelayanan

28 Agustus 2023 - 04:19 WIB

Untuk Sementara Flobamor Kembali Tetapkan Biaya Pemandu Wisata di TNK Sesuai Tarif Lama

31 Juli 2023 - 04:56 WIB

Manipulasi Tiket di TNK, Pemandu Wisata dan Pihak BTNK Diduga Kerjasama

24 Juli 2023 - 01:22 WIB

Trending di Bisnis