Menu

Mode Gelap

News · 3 Nov 2023 16:11 WIB ·

Yulianus Raja Raih Medali Emas dalam Kejuaraan Taekwondo di Nagekeo


 Yulianus Raja Raih Medali Emas dalam Kejuaraan Taekwondo di Nagekeo Perbesar

Ayonusantara.com- Yulianus Raja WP Agun Salah satu siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan Flores Continental Taekwondo Open 2023.

Yulianus Raja tergabung dalam Dojang Karya Ruteng dalam mengikuti ajang tersebut, ia meraih medali emas dalam kelas Kadet.

Turnamen pertama dan terbesar di Pulau Flores ini dilaksanakan selama 3 hari (29-31 Oktober 2023) di Aula Santa Maria Dolorosa Penginanga, Kelurahan Lape, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo.

Kejuaraan Taekwondo memperebutkan piala Kapolres Nagekeo diikuti oleh 575 atlet yang berasal dari 27 Dojang se Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala SMPN 2 Langke Rembong, Longginus Mida Marus menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih peserta didiknya, kendati Yulianus tidak mewakili SMPN 2 Langke Rembong dalam mengikuti kejuaraan itu.

“Saya menyampaikan profisiat. Dia memang tidak mewakili SMPN 2 Langke Rembong, tapi karena dia sekolah di sini kami ikut bangga. Sepanjang ada surat resmi dari Dojang yang bersangkutan dan demi kebaikan anak itu, yah kita dukung. Meskipun bukan membawa nama sekolah,” katanya, Jumat 3 November 2023.

Longginus mengungkapkan, pihaknya mendukung penuh peserta didiknya dalam mengembangkan minat dan bakat, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Sebab menurutnya, kemampuan akademik bukan menjadi satu-satunya untuk menjadi sukses, tetapi bakat atau talenta juga bisa menjadi jalan meraih kesuksesan anak apabila diasah dengan baik.

“Prinsip saya, untuk masa depan dia saya dukung. Karena untuk masa depankan tidak harus melalui pendidikan. Perjalanan dia masih jauh, mungkin saja ke depannya mewakili kabupaten Manggarai, provinsi bahkan bisa mewakili Indonesia untuk ajang yang sama kalau terus diasah talentanya,” katanya.

Longginus memberikan ijin saat Yulianus Raja hendak mengikuti kejuaraan di Nagekeo beberapa waktu lalu.

“Diakan masih muda, masa depan anak masih panjang. Apalagi sekarang bukan hanya dari pendidikan, mungkin itu talenta masa depannya untuk menjadi lebih baik, kami mendukung,” tutupnya.

Kisah di Balik Raih Medali Emas

Meraih medali emas dalam kejuaraan Flores Continental Taekwondo Open 2023 tidaklah mudah, persiapan yang matang dan ketekunan menjadi kunci.

Orang Tua Yulianus Raja, Jomy Agun mengungkapkan bahwa sebelum mengikuti turnamen, anaknya itu berlatih dengan keras, baik fisik maupun mental.

Dalam setiap latihan dilakukan dengan sepenuh hati, karena sesuatu yang dilakukan dengan sepenuh hati pasti akan mendapat hasil yang maksimal.

“Sebelum ikut turnamen, dia latihannya rutin. Saya bangga dengan hasil yang dia raih, sesuai dengan ketekunannya dalam berlatih,” ujarnya.

Jomy menilai, Yulianus juga miliki rasa percaya diri saat hendak bertanding, tapi tidak meremehkan lawan. Pasalnya, tanpa percaya diri kemampuan yang sesungguhnya tidak akan muncul, tapi tidak meremehkan lawan.

Menurutnya, percaya diri menjadi salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk olahraga taekwondo.

Jomy mengatakan, peran orang tua juga sangat penting dalam pengembangan bakat anak-anak.

Tak lupa ia juga menyampaikan terimakasih kepada pelatih yang telah membimbing anaknya.

“Kita harus melihat apa bakatnya, setelah itu diasah untuk menjadi lebih baik. Kalau olahraga beladiri, maka orang tua juga harus awasi dengan baik seperti melihat pola hidupnya, pola makan dan lain-lain, sebagai orang tua, saya juga mengucapkan terima kasih kepada para pelatih yang dengan sabar telah membimbing anak saya sehingga ia bisa mendapatkan medali emas ini,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Wartawan

Baca Lainnya

PMBB Bersama Pemcat Komodo Adakan Baksos di Kuliner Wisata Kampung Ujung 

8 Juni 2024 - 09:46 WIB

Klarifikasi Ketua FOKAL Labuan Bajo Soal Besaran Uang Pangkal dan Dasar Hukum Pendirian

31 Mei 2024 - 13:24 WIB

Residivis Pencuri HP Asal Welak Kembali Diamankan Polisi di Labuan Bajo

23 Mei 2024 - 10:00 WIB

Terima Kunjungan PJ Bupati Sala Tiga, Bupati Edi Endi Berikan Gambaran Dalam Menjaga Toleransi di Mabar 

22 Mei 2024 - 17:54 WIB

Respon Pemberitaan Sejumlah Media, Bupati Manggarai Barat Tegaskan LHKPN 2023 Sudah Dilaporkan 

22 Mei 2024 - 05:31 WIB

Anggota DPRD Mabar Pertanyakan Status Kepemilikan Tanah Kerangan Labuan Bajo

16 Mei 2024 - 16:47 WIB

Trending di News