Menu

Mode Gelap

News · 28 Nov 2023 12:58 WIB ·

Gandeng Sepuluh Perusahaan Ternama, SMKN 1 Labuhan Bajo Gelar Job Fair


 Gandeng Sepuluh  Perusahaan Ternama, SMKN 1 Labuhan Bajo Gelar Job Fair Perbesar

Ayonusantara.com- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN 1) Labuan Bajo menggelar job fair atau bursa kerja yang diikuti oleh 8 Perusahaan Ternama di kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi, Koperasi dan UMKM Kabupaten Manggarai Barat Theresia Primadona Asmon diselenggarakan di halam SMKN 1 Labuhan Bajo, Selasa (28/11/2023).

Adapun 10 perusahaan yang hadir dalam job fair tersebut yakni, Sudamala Resort Komodo, Laprima Hotel, PNM Mekaar, Central, Roxy Mart, Denys Mart, Harmony, Ayana Hotel, Katmaran dan Theodor Hotel.

Kepala SMKN 1 Labuan Bajo, Viktoria T. Wulang mengatakan kegiatan job fair atau bursa kerja tersebut berlangsung selama dua hari yaitu mulai tanggal 28-29 November 2023.

“Hari ini kami melakukan Job Fair dalam rangka perekrutan tenaga kerja khusus untuk alumni dan tidak menutup kemungkinan juga dibuka untuk masyarakat umum. Jadi Job Fair ini dilaksanakan selama dua hari yaitu mulai tanggal 28-29 November 2023,” ungkap Viktoria saat ditemui awak media, Selasa (28/11/2023).

Viktoria menyebut dalam job fair tersebut target pencari kerja bisa mencapai maksimal yaitu 200 orang. Ia juga menyampaikan ada salah satu industri yang hadir dalam job fair itu membutuhkan tenaga kerja sekitar ratusan orang.

“Kami berharap momen ini anak-anak bisa membuat lamaran sebanyak mungkin karena tahun depan sekolah kami akan meluluskan 488 orang,” ungkapnya.

Kata dia, kurikulum merdeka ini memberikan kesempatan kepada pihak sekolah mengundang industri untuk merekrut alumni untuk mendapatkan lapangan kerja.

“Kurikulum merdeka ini memberikan kami kesempatan untuk mengundang industri untuk merekrut alumni untuk mendapatkan lapangan kerja karena SMK itu setelah anak-anak selesai bisa lansung mendapatkan pekerjaan atau mereka menciptakan lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi, Koperasi dan UMKM Kabupaten Manggarai Barat Theresia Primadona Asmon mengatakan untuk kegiatan job fair ini sebenarnya khusus yang dilakukan oleh Bursa Kerja Khusus (BKK) jadi sekarang ini sudah ada regulasi untuk SMK tetapi secara spesifik salah satu program unggulan dan itu menjadi keharusan .

“SMK saat ini tidak hanya menciptakan generasi atau peserta didik bisa sampai lulus saja tetapi wajib memfasilitasi anak-anak lulusan SMK ke dunia industri,” ucapnya.

Kadis yang akrab disapa Ney Asmon mengatakan pihaknya sudah lama berdiskusi untuk mengaktifkan semua Bursa Kerja Khusus (BKK) di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi.

“Dan kami sebagai pemerintah memang sudah lama berdiskusi untuk mengaktifkan semua BKK di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan hingga saat ini sudah dua sekolah yang telah melakukan job fair yaitu SMK Stela Maris dan SMKN 1 Labuan Bajo. Bursa Kerja Khusus sudah daftar ke dinas sehingga ini akan menjadi kegiatan rutin .

Menurut Ney Asmon kegiatan job fair ini untuk mengurangi masalah pengangguran sehingga dengan kegiatan ini sedini mungkin anak-anak sudah terpapar dengan informasi pasar kerja yang ada di Labuan Bajo.

“Dan kegiatan ini sebenarnya salah cara untuk mengurai masalah pengangguran. Jadi kalau kita lihat dulu tantangan ketenagakerjaan kita itu mulai dari akses ana-anak lokal kita ke dunia industri dengan melakukan job fair seperti ini jadi sedini mungkin mereka sudah terpapar dengan informasi pasar kerja yang ada di Labuan Bajo,” ungkapnya.

“Dan menariknya mitra hari ini yang hadir tidak hanya industri kepariwisataan seperti hotel dan restoran tetapi juga dari industri retail sehingga peluang untuk anak-anak pencari kerja ini sangat bagus,” lanjut Ney Asmon.

Ia pun berharap dengan kegiatan job fair itu anak-anak yang baru selesai sekolah bisa mendapatkan pekerjaan yang layak.

“Saya pun berharap semoga dengan adanya kegiatan job fair ini bisa mengurangi angka pengangguran di Labuan Bajo. Dan anak-anak yang baru selesai sekolah bisa mendapatkan pekerjaan yang layak,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 79 kali

badge-check

Wartawan

Baca Lainnya

PMBB Bersama Pemcat Komodo Adakan Baksos di Kuliner Wisata Kampung Ujung 

8 Juni 2024 - 09:46 WIB

Klarifikasi Ketua FOKAL Labuan Bajo Soal Besaran Uang Pangkal dan Dasar Hukum Pendirian

31 Mei 2024 - 13:24 WIB

Residivis Pencuri HP Asal Welak Kembali Diamankan Polisi di Labuan Bajo

23 Mei 2024 - 10:00 WIB

Terima Kunjungan PJ Bupati Sala Tiga, Bupati Edi Endi Berikan Gambaran Dalam Menjaga Toleransi di Mabar 

22 Mei 2024 - 17:54 WIB

Respon Pemberitaan Sejumlah Media, Bupati Manggarai Barat Tegaskan LHKPN 2023 Sudah Dilaporkan 

22 Mei 2024 - 05:31 WIB

Anggota DPRD Mabar Pertanyakan Status Kepemilikan Tanah Kerangan Labuan Bajo

16 Mei 2024 - 16:47 WIB

Trending di News