Menu

Mode Gelap

News · 6 Mei 2024 14:00 WIB ·

Bekerjasama dengan Basarnas dan beberapa Stakeholder, Gahawisri Labuan Bajo Gelar Pelatihan Keselamatan


 Koko Ama (Official Guide) Labuan Bajo salah seorang peserta pelatihan rescue safety yang dilaksanakan di Pelabuhan Marina Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Senin (6/5/2024). Perbesar

Koko Ama (Official Guide) Labuan Bajo salah seorang peserta pelatihan rescue safety yang dilaksanakan di Pelabuhan Marina Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Senin (6/5/2024).

Ayonusantara.com- Untuk meningkatkan pelayanan Pariwisata, Gabungan Usaha Wisata Bahari dan Tirta Indonesia (GAHAWISRI) Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat mengadakan kegiatan pelatihan keselamatan yang dimulai pada tanggal 06-08 Mei 2024.

Kegiatan itu bekerjasama dengan BASARNAS Labuan Bajo, DAN Insurance, PADI, NAUI, dan Bajo Maritim Indonesia. Kegiatan pelatihan ini pun didukung oleh Kemenpar, BPOLBF, KSOP Labuan Bajo, RS Siloam , Damkar Pemda Labuan Bajo, LANAL Labuan Bajo, KORAMIL Labuan Bajo, BTNK, dan POLAIR Labuan Bajo.

Ketua Gahawisri Labuan Bajo, Budi Widjaja menjelaskan, pihaknya sudah merencanakan program pelatihan ini sejak 2 bulan lalu. Ia juga mengatakan kegiatan pelatihan tersebut meliputi beberapa item diantaranya

1. Pertolongan dan Penyelamatan di air (Water Rescue)

2. Pertolongan Pertama Medis Darurat (Emergency First Responden)

3. Keamanan Kebakaran (Fire Safety). Adapun tujuan dari pelatihan ini untuk :

4. Meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia di Labuan Bajo yang bergerak pada industry pariwisata bahari pada khususnya

5. Memberikan edukasi penyelamatan dan keselamatan baik di laut maupun di darat.

6. Meningkatkan rasa kepedulian terhadap resiko kecelakaan dan keselamatan. Pelatihan ini akan diadakan secara berkala setiap tahunnya dan untuk kesempatan saat ini jumlah peserta pelatihan sebanyak 60 orang dimana diprioritaskan kepada yang ber KTP Labuan Bajo.

Budi menjelaskan pelatihan tersebut bukan karena terkait maraknya kecelakaan kapal.di Labuan Bajo tetapi melihat kebutuhan yang mendesak untuk meningkatkan kemampuan rescue dan standard safety secara nasional.

“Disisi lain kami juga ingin meningkatkan potensi masyarakat labuan bajo untuk dapat lebih bersaing dengan peningkatan kemampuan rescue nya, itu kenapa dalam pelatihan ini kami memprioritaskan yang ber ktp /domisili Labuan Bajo,” ungkapnya.

Pelatihan tersebut kata Budi untuk meningkatkan pengetahuan teknik rescue dan rasa kepedulian untuk menolong sesama tanpa pamrih.

“Dan kami juga ingin meningkatkan pengetahuan teknik rescue dan rasa kepedulian untuk menolong sesama tanpa pamrih. sehingga kita bisa menjadi Pariwisata Labuan Bajo, Keselamatan nomor Satu (1),” ucapnya.

“Daripada kita hanya mencari kesalahan ini itu, kita lebih fokus pada membuat program-program kerja positif yg bermanfaat untuk masyarakat (labuan bajo khususnya). karena safety itu merupakan tanggung jawab semua stakeholder,” lanjutnya.

Koko Ama, salah satu peserta pelatihan saat diwawancara awak media mengatakan kegiatan tersebut sangat luar biasa. Sayangnya, kata Ama, tidak semua tour guide mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.

“Latihan menyelamatkan korban yang (mau) tenggelam,” kata Ama.

Sebagai official guide di Labuan Bajo, dirinya menuturkan kegiatan tersebut sangat membantu para pemandu wisata.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi keberlangsungan pariwisata Labuan Bajo.

Terkait item pelatihan, Ama menjelaskan para pelatih dari Basarnas lebih detail menjelaskan cara cara menyelamatkan tamu.

Para peserta dibagi dalam tiga kelompok, pertama para peserta pelatihan dilatih cara berenang, hingga simulasi cara menolong korban.

Saat simulasi, peserta ditugaskan sebagai korban dan penolong.

“Luar biasa Basarnas memberi pelatihan kepada kita [peserta]. Ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan SDM [pengetahuan] kita sebagai tour guide,” tutup Ama.

Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Wartawan

Baca Lainnya

PMBB Bersama Pemcat Komodo Adakan Baksos di Kuliner Wisata Kampung Ujung 

8 Juni 2024 - 09:46 WIB

Klarifikasi Ketua FOKAL Labuan Bajo Soal Besaran Uang Pangkal dan Dasar Hukum Pendirian

31 Mei 2024 - 13:24 WIB

Residivis Pencuri HP Asal Welak Kembali Diamankan Polisi di Labuan Bajo

23 Mei 2024 - 10:00 WIB

Terima Kunjungan PJ Bupati Sala Tiga, Bupati Edi Endi Berikan Gambaran Dalam Menjaga Toleransi di Mabar 

22 Mei 2024 - 17:54 WIB

Respon Pemberitaan Sejumlah Media, Bupati Manggarai Barat Tegaskan LHKPN 2023 Sudah Dilaporkan 

22 Mei 2024 - 05:31 WIB

Anggota DPRD Mabar Pertanyakan Status Kepemilikan Tanah Kerangan Labuan Bajo

16 Mei 2024 - 16:47 WIB

Trending di News